Jumat, 22 November 2013

MANFAAT HIPNOSIS PADA ANAK



MANFAAT  HIPNOSIS PADA ANAK
Definisi hipnosis  pada umumnya terkait dengan pengenalan sebuah prosedur selama subjek tersebut disugesti/ide atau pemikiran untuk mengalami suatu pengalaman imajinatif. Induksi hipnosis merupakan sugesti inisial yang luas menggunakan imajinasi seseorang dan mungkin mengandung perincian lebih lanjut pada introduksinya. Sebuah prosedur hipnosis biasanya digunakan untuk memberikan dukungan dan mengevaluasi respon sugest
Hipnosis dapat kita lakukan sendiri sebagai orangtua yang setiap hari selalu bertemu dengan anak-anak kita. Hanya saja kita jangan terlalu bernafsu untuk mengubah si anak dengan cara memasukkan direct suggestion secepatnya ke dalam pikiran anak karena butuh beberapa proses.
Selanjutnya kita perlu mencermati proses pembentukan pikiran sebagai langkah awal untuk melakukan hipnosis adalah dengan mem-bypass atau menembus filter mental atau critical factor dari pikiran sadar. Masalahnya adalah critical factor seorang anak baru mulai terbentuk saat anak berusia 3 tahun. Critical factor akan menguat dan semakin tebal seiring dengan pertumbuhan anak. Filter ini menjadi sangat tebal/kuat saat anak berusia antara 11 hingga 13 tahun.
Kategori Anak dibagi menjadi 3
1.      kategori sangat muda dengan rentang usia sejak lahir hingga 5 atau 6 tahun.
2.      kategori muda antara 5 hingga 10 atau 11 tahun.
3.      Kategori  remaja, usia 12 tahun ke atas.
Untuk kategori remaja maka prosedur atau teknik terapi yang digunakan sama dengan yang digunakan untuk orang dewasa. Sedangkan untuk kategori sangat muda dan muda caranya agak berbeda.
Hal yang menyenangkan bila kita melakukan hipnoterapi pada anak yaitu program pikiran yang telah masuk ke komputer mental (baca: pikiran bawah sadar) anak masih belum kuat sehingga mudah untuk dimodifikasi atau bahkan di-uninstall.
Kemudahan lainnya adalah anak tidak takut hipnosis, mereka berani berbicara apa adanya, mereka suka pada figur otoritas, tapi bukan otoritas orangtua, dan critical factor mereka masih sangat lemah.
Satu hal lagi yang sangat membantu dan memudahkan hipnoterapi pada anak yaitu anak sangat sering berada dalam kondisi trance. Jadi tidak dibutuhkan induksi secara formal seperti yang dibutuhkan untuk menerapi orang dewasa. Anak masuk dan keluar kondisi trance secara alamiah. Perlu diingat anak adalah cerminan dari diri kita masalah yang ada pada anak sumbernya dari kita sendiri.
Ada tiga aturan penting yang harus diperhatikan saat melakukan hipnoterapi pada anak kita.
1.       kita harus bisa memenangkan hati anak. Ada banyak cara yang bisa kita lakukan. Saya biasanya menggunakan  permainan yang sudah tentu membuat anak sangat senang. Selain itu anak harus merasa aman, nyaman, dan percaya diri untuk mengungkapkan isi hatinya.
2.       kita memberitahu anak apa yang akan kita lakukan bersama. Dan
3.       kita gunakan teknik yang sesuai.
(Saat membangun hubungan dengan anak, saat ngobrol santai, kitaperbincangkan  tokoh idola si anak, apa acara tv atau film kesukaan, hobi, cita-cita, tempat liburan favorit, dan nama kawan dekat si anak. Pengetahuan ini nantinya digunakan sebagai jembatan untuk bisa memasukkan data atau program baru ke dalam pikiran bawah sadar anak. Sugesti positif harus kita tanamkan berulang-ulang  tidak bisa sekali, dua ,selamat mencoba...dan semoga anak-anak kita menjadi generasi yg bermoral berguna buat nusa dan bangsa )by : anikniken

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LINGSIRE YUSWA (Geguritan_Puisi Jawa)

                                                             Ilustrasi Google Dening Niken Haidar Wektune wis lingsir wengi, Ning nyatane ...